Ilmu Faraid, Pengertian, Pengarang, Hukum, dan Kegunaannya

Ilmu Faraid


                                                         السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ilmu Faraid adalah salah satu ilmu dalam islam yang merupakan gabungan dari fiqih yang menjelaskan tentang warisan dengan ilmu hisab atau hitungan. Ilmu Faraid berasal dari Allah, sebagaimana dijelaskan dalam Firman Allah, QS An-Nisa' ayat 7

لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْأَقْرَبُونَ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا تَرَكَ الْوَالِدَانِ وَالْأَقْرَبُونَ مِمَّا قَلَّ مِنْهُ أَوْ كَثُرَ  نَصِيبًا مَفْرُوضًا

Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan.

Pengertian Ilmu Faraid

Ilmu Faraid berasal dari bahasa arab.

علم yang berarti ilmu.

فرائض jamak (taksir) dari فريضة .

Secara bahasa Faraid adalah taqdir(ketentuan).

Secara istilah Faraid adalah bagian yang telah ditetapkan untuk ahli waris seperti 1/2 1/3 1/4 1/6 1/8 2/3

Jadi. Ilmu Faid adalah gabungan antara fiqih yang menjelaskan tentang warisan dan ilmu hitungan yang berguna untuk mengetahui bagian yang akan diperoleh oleh ahli waris(orang yang berhak atas harta tirkah).

Pengarang Ilmu Faraid

Pengarang ilmu faraid yaitu Allah Swt. dan Mujtahid.

Hukum Mempelajari Ilmu Faraid

Hukum mempelajari ilmu faraid ada 2

1. Wajib 'ain ketika tak ada satu orangpun yang mempelajari ilmu faraid pada tempat yang ditinggali manusia.

2. Wajib kifayah ketika sudah ada orang yang mempelajarinya pada tempat yang ditinggali manusia.

Tempat itu tidak tahu berapa cakupannya, apakah suatu desa, apakah suatu kota, yang penting tempat yang ditinggali manusia. Jika sudah ada seseorang yang sudah mempelajari ilmu faraid di dareah kalian, maka sebaiknya ikut belajar juga agar ilmu faraid masih bisa bertahan.

Dari Abu Hurairah R.A Rasulullah SAW bersabda : belajarlah ilmu faraid karena sesungguhnya ilmu faraid itu dari agamamu dan sesungguhnya ilmu faraid itu setengah ilmu(islam) dan sesungguhnya ilmu faraid itu ilmu yang pertama kali dicabut dari umatku.

Kita mungkin pernah melihat fenomena orang orang membagikan warisan dengan cara bagi rata, tidak melihat laki laki bagiannya berapa, wanita bagiannya berapa, dll. Itu merupakan salah satu bukti bahwa ilmu faraid lama kelamaan memang akan hilang, manusia seperti itu hanya mengedepankan nafsu ammarah untuk menentukan sebuah keadilan. Mereka sebenarnya tidaklah menentukan sebuah keadilan melainkan hanyalah  sebuah keadilan yang dusta. Subhanallah.

Kegunaan Ilmu Faraid

Kegunaan ilmu faraid yaitu untuk mengetahui bagian bagian yang akan diperoleh oleh masing masing ahli waris dari kalangan laki laki dan perempuan.
Nah itulah Pengertian, Pengarang, Hukum, dan Kegunaan Ilmu Faraid. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Sekian terimakasih.

                                                       والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sumber : Kitab Al Miftah oleh (Alm) KH Agus Magfur Murodi pendiri pondok pesantren Murodi yang berada di Jl. Suburan Barat, Mranggen, Demak, Jawa Tengah.
Previous
Next Post »