Bagian Nenek dalam warisan

Selamat Malam.

Assalamualaikum.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagian nenek dalam warisan.


Dalam ilmu faraid, ahli waris nenek menggantikan posisi ahli waris ibu atau ahli waris bapak, sehingga dikenal dengan nenek dari ibu dan nenek dari bapak. Nenek disini maksudnya adalah neneknya mayyit atau muwaris.

Ahli waris nenek akan terhalang dalam mendapatkan warisan apabila terdapat ahli waris bapak jika neneknya dari bapak dan atau terdapat ahli waris ibu jika neneknya dari ibu.

Macam-macam nenek berdasarkan posisi terdekatnya dengan muwaris.

1. Nenek terdekat dari jalur perempuan seperti ام ام , ام ام ام

2. Nenek terdekat dari jalur laki-laki seperti ام اب , ام اب اب

3. Nenek terdekat dari jalur perempuan ke laki-laki seperti ام ام اب , ام ام اب اب

Selanjutnya bagian ahli waris nenek yaitu sebagai berikut:

1. Mahjub, apabila berkumpul dengan ibu maka nenek dari ibu dan nenek dari bapak mahjub, namun jika hanya terdapat bapak maka nenek yang mahjub hanyalah nenek dari bapak.

2. 1/6, jika tidak ada ibu maka nenek dari ibu memperoleh 1/6, dan jika tidak ada bapak dan ibu maka nenek dari bapak memperoleh 1/6.

Catatan:

1. Jika terdapat nenek lebih dari satu maka mereka bersekutu dalam bagian 1/6 dengan syarat derajat kedua nenek tersebut sama.

Contoh:                                                                                                                                              

Seorang lelaki meninggal...
ahli warisnya
زوجة = 1/4(istri)
1/6 = ام ام ,ام اب(nenek dari ibu, nenek dari bapak)

dari contoh tersebut terdapat nenek dari ibu dan nenek dari bapak, yang mana keduanya derajat kedudukannya sama dalam kedekatannya dengan muwaris, dan keduanya bukan masing-masing 1/6 tetapi bersekutu dalam bagian 1/6.

2. Jika kedua nasab nenek tersebut berbeda maka apabila nenek yang dekat adalah nenek dari arah ibu sedangkan nenek yang jauh adalah dari arah bapak, maka nenek yang dekat dari arah ibu bisa memahjubkan nenek yang jauh dari arah bapak

3. Sebaliknya jika yang dekat dari arah bapak, maka tidak bisa memahjubkan nenek dari arah ibu yang jauh, mereka bersekutu dalam 1/6(pendapat shohih dari imam syafi'i dan maliki), ada juga yang berpendapat bisa memahjubkan(pendapat imam hanafi).

Nah itulah bagian ahli waris nenek dalam warisan. Semoga bermanfaat.

Sekian terimakasih.

Wassalamualaikum...