Saturday, June 2, 2018

Doa-Doa Favoritku

Tags

Assalamualaikum saudaraku pengunjung Ulumul Islamiyah.



Bagaimana kabar kalian? semoga baik selalu.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang doa-doa yang saya panjatkan setiap hari... mungkin ini terdengar seperti privasi, tetapi ini ilmu, dan ilmu tidak mungkin dicuri dari saya, tetapi saya juga tidak mau menyimpannya untuk diri saya sendiri, sehingga saya membagikannya dengan kalian, dan kalian boleh menyebarluaskannya.


Sebelumnya, doa itu buat apa sih? apa manfaatnya? ya mungkin nanti saya akan buat artikel tentang Ngobrol tentang doa, bab doa, atau dengan judul lainnya yang akan mengupas tentang doa, pengertiannya manfaat dan lain-lainnya. Tapi secara singkatnya, doa itu seperti kekuatan yang menembus ketidakmungkinan, saya percaya doa, dan menurut pemikiran saya percaya doa adalah bagian dari iman. Tapi ingat jika doa saja percuma! harus berusaha dulu!

Berikut adalah doa-doa favorit saya atau doa-doa yang mana saya berdoa dengannya setiap hari.

Doa-Doa Favoritku



1. رب انّي ظلمت نفسي وان لم تغفرلي وترحمني لاكوننّ من الخاسرين

Artinya = Tuhanku, sesungguhnya aku telah mendzalimi diriku, jika engkau tidak mengampuniku dan belas kasihan kepadaku niscaya aku akan benar-benar menjadi bagian dari orang-orang yang merugi.

Doa ini seperti yang dipanjatkan orangtuaku terdahulu, yakni nabi Adam dan Ibu.... yang masyhur disebut Hawa. Dikatakan, ketika mengkonsumsi buah... yang oleh syaitan disebut khuldi(keabadian) karena syaitan membisiki keduanya, ssst kalian berdua, tuhan kalian melarang makan buah ini karena agar kalian tidak menjadi malaikat dan tidak kekal di surga. Dan akhirnya makanlah keduanya dan dikatakan, tumbuhlah aurat laki-laki dan perempuan. Dan Allah berkata kepada keduanya, bukankah Aku telah melarang kalian makan buah itu dan Aku telah berkata bahwa syaitan adalah musuh yang nyata bagi kalian berdua. Sehingga nabi Adam pun menyesal dan sehingga beliau berdoa
 ربنا ظلمنا انفسنا وان لم تغفرلنا وترحمنا لنكونن من الخاسرين namun saya memakainya seperti diatas, maksudnya sama, hanya perbedaannya pada subjek yang memohon, disini saya menggunakan kata ganti(ضمير) saya(انا), dan nabi adam menggunakan kata ganti kami(نحن).

2. اللهم اغفرلي ولوالدي وارحمهما كما ربياني صغيرا

Artinya = Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan sayangilah keduanya seperti keduanya mendidikku semenjak kecil.

Doa ini doa yang masyhur sekali di masyarakat, doa untuk mendoakan orangtua, doa ini sepertinya diajarkan nabi muhammad, tapi di Alqur'an juga ada dalam QS. Al Isra' ayat 24. Ingat, Jika anak adam mati, terputuslah segala amalnya kecuali 3 perkara, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholih atau sholihah yang mendoakan kedua orangtuanya. Semoga dengan membiasakan doa ini kita termasuk anak sholih atau sholihah yang mendoakan kedua orangtua kita, amiin.

3. اللهم اتنا في الدنيا حسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار

Artinya = Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan jagalah kami dari siksa neraka.

Doa sapu jagat kalau istilah orang jawa, dinamakan sapu jagat mungkin karena saking dahsyatnya efek doa ini. Tapi secara umum disebut doa kebaikan dunia dan akhirat. Doa ini di Alqur'an ada dan di Hadits juga ada ya karena memang ini doa favorit nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Jika nabi saja sering memanjatkan doa ini maka kita juga harus mengikuti beliau, karena segala yang datang dari beliau itu sunnah dan disini ada kata favorit atau sering dipanjatkan, ya berarti sangat dianjurkan atau dengan kata lain sunnah muakkad.

4. اللهم اتنا من لدنك رحمة وهيئ لنا من امرنا رشدا

Artinya = Ya Allah, berilah kami rahmat dari sisiMu dan bimbinglah kami dari urusan kami ke jalan yang lurus.

Doa dari surat Al Kahfi ayat 10, saya suka saja dengan doa ini karena ya semoga ketika saya menemukan jalan buntu seperti cerita dalam awal surat Al Kahfi maka semoga diberi jalan keluar oleh Allah.

5. اللهم اغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونا بالايمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين امنوا ربنا انك رؤوف رحيم

Artinya = Ya Allah, ampunilah kami dan saudara kami yang telah dahulu beriman dan janganlah engkau jadikan hati kami dengki terhadap orang yang beriman ya tuhan kami sesungguhnya engkau maha pengasih lagi maha penyayang.

Sesama muslim adalah saudara, sesama manusia adalah saudara, dan lainnya sudah saya tulis di artikel Indahnya Kehidupan dalam Kerukunan. Namun khususnya sesama muslim, mendoakan saudara muslim lainnya adalah anjuran yang sangat dianjurkan karena doanya mustajab dan diAmiini oleh malaikat.

6. اللهم ارزقني رزقا واسعا حلالا طيبا نافعا مباركا

Artinya = Ya Allah, berilah aku rizqi yang luas, halal, baik, bermanfaat dan berkah. 

Doa untuk memohon rizki, rizki tidak hanya harta benda, namun dapat juga berupa anak ataupun lainnya, dan mungkin akan saya buat artikel tentang ngobrol rizki yang isinya membahas tentang rizki.

7. اللهم اجعلني محبوبا في قلوب عبادك

Artinya = Ya Allah, jadikanlah aku dicintai di hati hamba-hambaMu.

Doa agar dicintai di hati hamba-hamba Allah. Saya kira tidak usah dijelaskan pasti sudah paham.

8. ....... اللهم اجعلني محبوبا في قلب

Artinya = Ya Allah, jadikanlah aku dicintai di hati ....... :D

Sama seperti sebelumnya namun lebih khusus hehe.

9. اللهم اتني من لدنك رحمة وعلما

Artinya = Ya Allah, berilah aku kasih sayang dan ilmu dari sisiMu

10. اللهم اتني من الملك وعلمني من تأويل الاحاديث توفني مسلما والحقني بالصالحين

Artinya = Ya Allah berilah aku kekuasaan dan ajarkanlah aku ta'bir mimpi wafatkan aku dalam keadaan muslim dan kumpulkanlah aku dengan orang-orang shalih.

Jangan ditiru doa ini, mungkin saja akan berefek sesuatu yang tidak kamu duga hahaha.

11. اللهم ادخلني جنة الفردوس اعلى

Artinya = Ya Allah masukkanlah aku kedalam surga firdaus yang tinggi.

Rasulullah bersabda, jika kalian berdoa, mintalah surga firdaus karena itu surga yang paling tinggi.

Nah itulah beberapa doa-doa favorit saya, masih ada lagi doa-doa lainnya, tapi mungkin tidak baik kalo dishare karena sifatnya yang privasi, seperti nomor 8 hehe, itu sebenarnya privasi tetapi masih dalam hal biasa. Dan sepertinya terlalu singkat dan padat, namun semoga teringat di hati pembaca. Mungkin nantinya saya akan membuat artikel tersendiri yang membahas tentang doa, tapi entah kapan akan terbit hehe.

Semoga bermanfaat.

Sekian wassalamualaikum....

Love Penguins, Cats, and wanna eat Apple.